23-03-2012, 11:35 AM
LANDASAN TEORI
Chapter II.pdf (Size: 251.74 KB / Downloads: 84)
Perkembangan Pengajaran Berbantuan Komputer
Perkembangan dunia pendidikan terus bergerak secara dinamis, khususnya untuk menciptakan media, metode dan materi pendidikan yang semakin interaktif dan komprehensif. Para ahli pendidikan telah mencoba untuk meneliti dan menciptakan metode-metode belajar yang baru, seperti Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), Cara Belajar Siswa Mandiri (CBSM), dan lain-lain. Semuanya itu dirumuskan dengan tujuan agar siswa dapat lebih mudah dan sederhana untuk mencerna secara logis materi pendidikan yang sudah ditetapkan.
Pengertian Pengajaran Berbatuan Komputer
Terdapat banyak istilah yang dipergunakan untuk merujuk dan melepaskan konsep pendidikan berkomputer ini, dua di antaranya yang paling terkenal adalah Pengajaran Berbantuan Komputer (Computer Aided Instruction, CAI), Pembelajaran Berbantuan Komputer (Computer Aided Learning, CAL). Sebenarnya tidak terdapat perbedaan antara kedua-duanya, hanya pemakaiannya tergantung kepada pengguna. Istilah CAI lebih banyak digunakan di kalangan pendidik di Amerika Serikat, sedangkan istilah CAL digunakan di negara-negara Eropa. (Mahyuddin et al, 2006).
Jenis Pengajaran Berbantuan Komputer
PBK dapat dikelompokkan menjadi:
a. Tutorial.
b. Latihan dan praktik.
c. Simulasi.
d. Permainan. (Cepi Riyana dan Asra, 23 Oktober 2009)
2.1.2.1 Tutorial
Model ini digunakan untuk menyajikan materi kepada siswa melalui konsep mastery learning atau belajar tuntas. Ketentuan umum bahwa model ini bisa dikembangkan untuk materi yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
a. Informasi baru.
b. Bersifat konsep.
c. Luas dan mendalam .
d. Memerlukan kontrol dan mastery learning.
e. Berhubungan antara bagian pokok materi yang satu dengan yang lainnnya.
f. Memungkinkan dipelajari secara berulang.
g. Memiliki pola berpikir dan arah pembelajaran bercabang.
h. Membutuhkan kontrol waktu dalam setiap segmen materi atau martery learning secara keseluruhan.
2.1.2.2 Latihan dan Praktik
Model latihan dan praktik menyajikan materi pelajaran untuk dipelajari secara berulang. Tipe program ini adalah cocok dipergunakan sewaktu pengajar menyajikan latihan soal dengan disertai umpanbalik. Tipe perangkat lunak ini sering kali dipergunakan untuk menambah pelajaran pada bidang matematika atau faktual.